Penyakit Eksim dan Juga Cara Pengobatannya

Penyakit Eksim dan Juga Cara Pengobatannya Dalam dunia kedokteran Penyakit Eksim sering disebut sebagai eczema merupakan istilah yang umum digunakan untuk jenis penyakit kulit yang biasanya disebabkan oleh bermacam-macam hal yang ditandai dengan adanya kelainan pada kulit (basah atau kering).
Penyakit ini bisa disebabkan oleh adanya alergi terhadap zat kimia, ada yang karena adanya alergi terhadap sinar matahari, ada yang disebabkan karena alergi terhadap obat-obat tertentu, dan masih banyak lagi sebab-sebab yang lainnya.
Mulailah hidup sehat dari sekarang. Pantau kondisi kesehatan Anda dengan alat kesehatan yang akurat, dapatkan di Glorya Medica.
Penyakit ini terbagi atas dua jenis yakni penyakit eksim kering/ neurodermatitis (ditandai dengan adanya penebalan kulit disertai dengan adanya bentuk yang nyata) dan penyakit eksim basah/ dermatitis numularis (ditandai dengan adanya bercak bersisik dan berbintil berair serta menimbulkan rasa gatal terutama di area punggung dan dada).
Penyakit Eksim dan Pengobatannya
penyakit-kulit-eksim-pada-bayi-pengobatannya
Namun jangan khawatir, penyakit ini bisa disembuhkan dengan bahan-bahan alami. Setelah mengetahui apa itu penyakit eksim dan pengobatannya, untuk selanjutnya akan kita bahas lebih lanjut mengenai ciri-ciri penyakit tersebut.
Untuk lebih memahami lagi mengenai apa itu penyakit eksim, ada baiknya jika kita pelajari ciri-ciri dari penyakit tersebut. Dengan mengetahui ciri-ciri penyakit yang biasa menyerang daerah sekitar kulit ini, akan jauh lebih mudah untuk menangani dan menghindari penyebab munculnya penyakit ini. orang-orang yang terjangkit penyakit ini biasanya mengalami gejala seperti :
Muncul rasa dingin dan panas pada bagian kulit yang terkena penyakit eksim
Timbul rasa gatal di malam hari
Adanya lepuhan-lepuhan kecil dan muncul kulit bersisik yang keras di permukaan kulit, bahkan terkadang disertai dengan pembengkakan

Seperti yang telah dijelaskan di atas jika penyakit eksim ini sendiri dibagi atas dua jenis yakni penyakit eksim kering dan penyakit eksim basah. Untuk penyakit eksim basah biasanya ditandai dengan memerahnya warna kulit, melepuh, bengkak, dan terasa basah, serta timbul bintil-bintil yang mengandung air atau bahkan juga bisa mengandung nanah yang disertai dengan rasa gatal.
Untuk sekedar informasi, biasanya penyakit ini menyerang pada daerah sela-sela jari tangan maupun kaki dan daerah lipatan tubuh seperti sela-sela paha, belakang lutut, leher, serta pergelangan tangan.
Penyakit Kulit Eksim Pada Bayi
Tidak hanya orang dewasa yang bisa terserang penyakit ini, anak-anak bahkan bayi juga bisa terserang penyakit kulit ini. kulit bayi yang sangat sensitif akan sangat rentan terhadap berbagai macam infeksi kulit. Butuh penanganan khusus untuk menangani penyakit kulit eksim pada bayi.
Cara penanganan yang biasanya dilakukan adalah dengan menggunakan sabun berformula lembut yang mengandung banyak krim (lemak) dengan efek anti gatal, anti bakterial, dan juga anti oksidan. Selain itu pergunakan juga pelembap secukupnya pada area yang terinfeksi. Disamping upaya penyembuhan, yang lebih penting lagi adalah tetap menjaga kebersihan lingkungan dari debu dan juga tungau.
Penyakit kulit eksim biasanya akan terjadi secara berulang, untuk itu perlu dihindari hal-hal atau bahan-bahan yang dapat memicu munculnya penyakit ini kembali. Meskipun beberapa upaya penyembuhan dapat dilakukan, namun akan lebih penting melakukan upaya pencegahan munculnya kembali penyakit tersebut.
Dengan demikian, dapat anda ketahui dengan gamblang mengenai apa itu sebenarnya eksim, bagaimana ciri-cirinya, dan bagaimana pula cara penanggulangannya. Dibutuhkan penanganan yang tepat agar penyakit ini tidak menyebar ke area lain.
Sumber: http://dewanku02.blogspot.co.id/2016/04/bisakah-eksim-disembuhkan-dengan-bahan.html

Related Posts:

0 Response to "Penyakit Eksim dan Juga Cara Pengobatannya"

Posting Komentar